Jumat, 19 April 2013

Sistem


Data adalah Deskripsi tentang benda, kejadian, aktivitas yang tidak mempunyai makna atau tidak berpengaruh secara langsung kepada pemakai.
Hierarki Data
Elemen Data adalah suatu data terkecil yang tidak dapat dipecah lagi menjadi unit data yabng lain.
Rekaman adalah gabungan dari sejumlah elemen data yang saling terkait, Contoh nama, alamat, dan tanggal lahir.
Berkas adalah seluruh rekaman yang bertipe samamembentuk sebuah berkas atau kumpulan data yang berkaitan dengan suatu objek.

Siklus hidup pengembangan sistem informasi,yaitu :
· Perencanaan sistem
· Analisis sistem
· Perancangan sistem secara umum / konseptual
· Evaluasi dan seleksi sistem
· Perancangan sistem secara detail
· Pengembangan Perangkat Lunak dan Implementasi sistem
· Pemeliharaan / Perawatan Sistem

DSS adalah bagian dari sistem informasi berbasis komputer (termasuk sistem berbasis pengetahuan (manajemen pengetahuan)) yang dipakai untuk mendukung pengambilan keputusan dalam suatu organisasi atau perusahaan.
Dapat juga dikatakan sebagai sistem komputer yang mengolah data menjadi informasi untuk mengambil keputusan dari masalah semi-terstruktur yang spesifik.

Tahapan SPK:
-Definisi masalah
-Pengumpulan data atau elemen informasi yang relevan
-pengolahan data menjadi informasi baik dalam bentuk laporan grafik maupun tulisan
-menentukan alternatif-alternatif solusi (bisa dalam persentase)
Tujuan dari SPK:
-Membantu menyelesaikan masalah semi-terstruktur
-Mendukung manajer dalam mengambil keputusan
-Meningkatkan efektifitas bukan efisiensi pengambilan keputusan

1. Isu privasi: rahasia pribadi yang sering disalahgunakan orang lain dengan memonitor e-mail, memeriksa komputer orang lain, memonitor perilaku kerja (kamera tersembunyi). Pengumpulan, penyimpanan, dan penyebaran informasi mengenai berbagai individu/pelanggan dan menjualnya kepada pihak lain untuk tujuan komersial. Privasi informasi adalah hak untuk menentukan kapan, dan sejauh mana informasi mengenai diri sendiri dapat dikomunikasikan kepada pihak lain. Hak ini berlaku untuk individu, kelompok, dan institusi.

2. Isu akurasi: autentikasi, kebenaran, dan akurasi informasi yang dikumpulkan serta diproses. Siapa yang bertanggung jawab atas berbagai kesalahan dalam informasi dan kompensasi apa yang seharusnya diberikan kepada pihak yang dirugikan

3. Isu properti: kepemilikan dan nilai informasi (hak cipta intelektual). Hak cipta intelektual yang paling umum berkaitan dengan TI adalah perangkat lunak. Penggandaan/pembajakan perangkat lunak adalah pelanggaran hak cipta dan merupakan masalah besar bagi para vendor, termasuk juga karya intelektual lainnya seperti musik dan film.

4. Isu aksesibilitas: hak untuk mengakses infomasi dan pembayaran biaya untuk mengaksesnya. Hal ini juga menyangkut masalah keamanan sistem dan informasi.

5 langkah analisa etika
a. Identifikasi dan jelaskan faktanya dengan jelas. Tentukan: siapa pelaku, di mana, kapan, dan bagaimana.
b. Definisikan konflik atau dilemanya dan identifikasikan nilai-nilai luhur yang terlibat. Isu etika, sosial, dan politik selalu merujuk pada nilai-nilai luhur: kebebasan, privasi, perlindungan atas kekayaan, dan sistem perusahaan bebas.
c. Identifikasi pihak-pihak yang berkepentingan.
d. Identifikasi pilihan yang dapat diambil dengan beralasan.
e. Identifikasi potensi konsekuensi potensi dari pilihan anda

Tidak ada komentar: